Warga Masih Semangat Jaga di Poskamling

BALIKPAPAN-Berbagai kegiatan dilakukan untuk memotivasi petugas Ronda Poskamling dalam menjalankan tugas menjaga keamanan di lingkungannya, seperti yang dilakukan di RT 30 Kelurahan Damai, Balikpapan Selatan, Sabtu malam (28/9). Ketua RT 30 Damai Fahrul Azami SH bersama warga menggelar hiburan elekton dengan tema “Malam Kumpul Bareng Petugas Ronda Poskamling”.

Juga diundang Lurah Damai Joko Asih Suyono dan Kapolsek Balikpapan Selatan Kompol M Amir serta para tokoh masyarakat. Dikatakan Fahrul, acara sengaja dikemas dengan hiburan hanya memotivasi kepada petugas poskamling, agar dalam menjalankan tugasnya senantiasa selalu siap dan tegar, jangan sampai kendur sehingga keamanan terjaga secara berkesinambungan.

“Warga masih semangat jaga di poskamling, tetapi perlu diberi motivasi dan dorongan lagi supaya tetap semangat. Hiburan ini guna memberi semangat kepada para petugas jaga ronda di poskamling, khususnya di lingkungan RT 30,” jelas Fahrul yang dua tahun meraih juara pertama Lomba Poskamling gelaran Balikpapan Pos kerja sama Pemkot Balikpapan, Polda Kaltim dan Polres Balikpapan. Di kesempatan yang sama, Kapolsek Balikpapan Selatan Kompol M Amir,menyambut baik kegiatan tersebut.

Dia juga mengarahkan dan mengajak warga untuk senantiasa selalu waspada, jangan lalai baik saat hendak meninggalkan rumah maupun saat bepergian agar memperhatikan keadaan sekitar lingkungan. “Saya mengajak mari bersama-sama menciptakan lingkungan kita agar selalu tercipta situasi yang yang aman dan tenang, untuk itu kami berharap kepada petugas poskamling untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya, “imbau Amir.

Peran Poskamling, ujar Amir, sangatlah penting. Selain sebagai petugas jaga juga mempersempit ruang gerak terhadap para pelaku kejahatan. “Keberadaan poskamling banyak fungsinya, selain menciptakan rasa aman terhadap warga juga dapat mencegah terjadinya berbagai modus kejahatan yang ada. Bahkan bisa mendeteksi dini adanya bencana kebakaran,” bebernya.

Namun dirinya pun meminta kepada para petugas ronda agar dalam menjalankan tugas harus selalu hati-hati, karena penjahat kadang bertindak nekad bila sudah tersudut. Selain itu pula ia meminta kepada warga agar jangan main hakim sendiri apabila menangkap penjahat. “Bila ada kejadian segera menghubungi petugas kami, ada Babinkantibmas laporkan kejadiannya. Kami selalu siap, perlu diketahui polisi adalah mitra dari masyarakat,”jelasnya.

Diakuinya bahwa kurang lebih 4 bulan dirinya menjabat sebagai Kapolsek Selatan dan Kota,namun dirinya sudah merasa akrab dengan warga di wilayahnya dan RT 30 Kelurahan Damai khususnya. Ia juga berbangga dengan diraihnya predikat Poskamling terbaik se-Balikpapan yang digelar oleh Balikpapan Pos beberapa waktu lalu.”Semoga ini dapat memotivasi warga dan para petugas ronda, sehingga situasi kondusif dan aman terjaga selamanya,” ungkap Amir.(ono)

Sumber Balikpapan Pos