KPU Balikpapan Kekurangan 15.541 Surat Suara

ilustrasi

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id – Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 tinggal menghitung hari lagi. Namun sejumlah persoalan masih dihadapi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan. Salah satunya kesiapan logistik surat suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, surat suara di Kota Balikpapan masih kurang sekitar 15.541 lembar. Dengan rincian untuk surat suara berwarna kuning (DPR RI) mengalami kekurangan 2.983 lembar, surat suara berwarna merah (DPD) kurang 1.060 lembar, dan surat suara berwarna hijau (DPRD Kota) kurang 11.498 lembar.

“Kalau untuk surat suara DPRD Provinsi (berwarna biru) itu aman, nggak ada yang kurang satu pun. Dari evaluasi kami, kekurangan tersebut disebabkan ada surat suara yang rusak karena sobek dan terkena bercak-bercak tinta, serta selebihnya memang kurang kirim,” demikian dikemukakan Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, Jumat (28/3/2014).

Lebih lanjut, Noor Thoha merincikan, kekurangan surat suara untuk DPRD Kota hampir merata di seluruh daerah pemilihan (Dapil). Dari enam dapil di Balikpapan, dapil II (Balikpapan Selatan) paling banyak mengalami kekurangan, yaitu 2.698 lembar. Kemudian disusul dapil III (Balikpapan Kota) 2.653 lembar, dapil VI (Balikpapan Utara) 2.213 lembar, dapil I (Balikpapan Timur) 1.871 lembar, dapil IV (Balikpapan Tengah) 1.277 lembar, dan dapil V (Balikpapan Barat) 786 lembar.

“Kami sudah konfirmasi ke KPU Provinsi terkait kekurangan ini. Karena itu (surat suara) kan yang mengirimkan dari pihak ketiga di bawah kendali KPU Pusat. Insya Allah maksimal tanggal 30 Maret masalah ini sudah selesai,” tandasnya. (*)

Sumber Tribun Kaltim

193 total views, 1 views today

Suka(0)Tidak Suka(0)